Cara Mendaftar Menjadi Mitra Google Partner

Apakah anda mengetahui tentang google partner?  Google partner adalah sebuah program pemasaran yang disediakan google bagi digital agency marketing, pebisnis, atau pihak yang mengelola ads. 

Bagi anda yang termasuk dalam salah satu kategori tersebut, bisa mendaftarkan diri menjadi mitra Google Partner.  Dengan menjadi mitra Google Partner anda akan mendapatkan solusi terkait strategi marketing dan dunia periklanan. 

Lalu apa yang membedakan google partner dengan program pemasaran lainnya? Salah satu perbedaan yang paling utama adalah adanya modul bimbingan dan program sertifikasi periklanan Google.  Jadi setiap digital agency atau pebisnis yang bergabung menjadi mitra Google Partner sudah pasti memiliki kompetensi yang sesuai standar yang telah ditentukan dalam program sertifikasi periklanan Google.

Manfaat yang bisa anda dapatkan jika bergabung menjadi mitra google partner adalah sebagai berikut. 

  • Meningkatkan kredibilitas perusahaan 
  • Mendapatkan informasi terupdate tentang Google Ads 
  • Membantu pebisnis mengatasi masalah periklanan 
  • Selalu terhubung dengan Google

Dengan segala manfaat yang bisa didapat, apakah anda tertarik untuk bergabung menjadi google partner? Jika tertarik, simak langkah-langkah berikut untuk mendaftar menjadi mitra Google Partner.

  • Buka situs google partners 
  • Klik “Gabung dengan Google Partners” 
  • Klik “Login”

Catatan: dibutuhkan akses admin ke akun pengelola perusahaan. 

  • Klik “Setuju dan Lanjutkan” pada lampiran persyaratan layanan 
  • Pilih akun pengelola Google Ads yang digunakan perusahaan anda 
  • Isi informasi tentang perusahaan dengan lengkap 
  • Klik “Simpan”

Kemudian anda akan diarahkan menuju halaman Partners di akun Google Ads. Bagi pendaftar baru, anda tentu belum memiliki lencana dari Google Partners.  Keuntungan dari memiliki lencana Google Partner adalah anda bisa menunjukkan sertifikat keahlian Google Ads kepada klien. Sehingga anda akan mendapatkan poin plus dari klien karena dinilai lebih dipercaya daripada perusahaan lain.

Cara untuk medapatkan lencana Google Partner adalah dengan mengikuti tes sertifikasi yang terdiri dari enam tes. Di antaranya yaitu sebagai berikut. 

  1. Tes Google Ads Fundamental 
  2. Tes Google Ads Search 
  3. Tes Google Ads Display Network 
  4. Tes Google Ads Mobile 
  5. Tes Google Ads Video 
  6. Tes Google Ads Shopping

Anda diharuskan untuk mengikuti setidaknya dua dari enam tes. Penilaian tes sertifikasi harus memenuhi batas minimal skor dan waktu yang telah ditentukan. Jika belum berhasil, maka anda bisa mencobanya salam jangka waktu satu hari setelahnya. 

Namun yang perlu diingat adalah masa berlaku sertifikat Google Partner ini hanya satu tahun. Jadi setiap tahun anda harus mengulang tes untuk mendapatkan kembali sertifikat dan lencana Google Partner.

Selain mendaftar dan mengikuti tes sertifikasi, Google juga akan memantau perusahaan anda untuk memastikan kelayakan sebelum bergabung menjadi mitra Google Partner. 

Google akan memantau pembelanjaan iklan dan performa perusahaan anda. Besarnya anggaran yang harus dikelola oleh perusahaan adalah minimal ekuivalen $10.000 dalam waktu 90 hari terakhir. 

Sedangkan mengenai performa perusahaan, Google akan melihat pertumbuhan pendapatan klien, retensi klien, pertumbuhan pendapatan dan jumlah pengiklan.

Jika anda berhasil memenuhi semua ketentuan dan persyaratan tersebut, maka anda resmi menjadi mitra google partner.

Baca juga penjelasan lengkap mengenai google partner dengan klik linknya

Add Comment