Mengenal 4 Baju Adat Bugis yang Sering Digunakan saat Upacara Adat

Budaya Indonesia memanglah sangat beragam, mulai dari suku, agama, bahasa, dan lain sebagainya. Keragaman suku berperan banyak terhadap kekayaan budaya yang ada di Indonesia. Salah satu hal tersebut adalah pakaian adat. Pakaian adat Indonesia sangatlah beragam, dari Aceh sampai Papua memiliki ciri khasnya masing-masing.

Berbicara tentang pakaian adat, terdapat daerah yang memiliki beragam pakaian adat yang bagus nan indah. Daerah tersebut adalah Sulawesi Selatan. Sulawesi Selatan memiliki banyak suku yang unik, salah satunya adalah suku Bugis. Pakaian adat Bugis juga tidak hanya satu saja, tetapi ada sekitar 4 baju adat berbeda yang dimiliki suku Bugis. Apa sajakah itu? Berikut merupakan penjelasannya.

4 Macam Baju Adat Bugis

  1. Baju Bodo

Baju Bodo memiliki arti baju lengan pendek dalam bahasa Makassar. Baju Bodo adalah pakaian adat  khas dari suku Bugis-Makassar bagi perempuan. Baju Bodo terdiri dari 2 macam, yaitu baju yang panjangnya sampai pinggang dan baju yang panjangnya hingga betis. Untuk baju yang panjangnya hingga pinggang biasa dikenakan oleh para remaja, penari, dan pengantin. Sedangkan, baju yang panjangnya hingga betis diperuntukkan bagi orang yang sudah dewasa.

Baju Bodo memiliki bentuk persegi panjang dengan bagian bawah menggelembung seperti terisi udara. Untuk panjang lengannya hanya sebatas siku. Warna yang digunakan merupakan warna yang mencolok dan terang.

Bawahan dari baju Bodo adalah kain sarung tradisional yang dijuluki sebagai lipa’. Sarung ini memiliki motif kotak atau bujur sangkar. Ada pula aksesoris pelengkap berupa hiasan kepala, kalung, gelang, dan perhiasan lain yang menambah kesan indah.

Dahulu, warna baju Bodo’ melambangkan strata sosial bagi pemakainya. Namun, sekarang hal tersebut sudah mulai dihilangkan karena tidak sesuai dengan kondisi zaman sekarang. Warna yang dipilih pun berdasarkan keinginan si pemakai.

  1. Baju Bella Dada

Baju Bella Dada merupakan pakaian dari Bugis-Makassar yang merupakan pasangan dari baju Bodo. Baju Bella Dada dikenakan oleh kaum laki-laki. Baju Bella Dada merupakan baju dengan lengan panjang dan berkerah. Terdapat pula kancing emas atau perak disertai saku di bagian kiri dan kanan dada. Kain yang digunakan adalah kain yang bermotif polos dan mencolok warnanya.

Bawahan dari baju Bella Dada adalah celana panjang yang dibalut kain sarung bernama lipa’ garusu. Terdapat pula aksesoris berupa hiasan kepala yang disebut passapu’, gelang, dan badik di pinggang.

  1. Baju Labbu

Baju Labbu merupakan baju adat Bugis yang dikenakan oleh kaum perempuan. Penampakannya mirip dengan baju Bodo, hanya saja berupa lengan panjang yang sedikit ketat dari siku sampai pergelangan tangan. Bahannya umumnya dari kain sutra tebal.

Bawahan dari baju Labbu menggunakan kain sarung atau lipa’ dengan motif kotak dan berwarna mencolok. Aksesorisnya juga seperti perhiasan pada umumnya berasal emas dan perak.

  1. Jas Tutu’

Jas Tutu’ adalah pakaian yang dikenakan oleh kalangan pria dan biasa disandingkan dengan baju Labbu. Tutu’ berarti tutup dalam bahasa Bugis. Modelnya sama seperti baju Bella Dada, yang berlengan panjang, berkerah, terdapat kancing emas, dan memiliki saku.

Bawahan yang dikenakan juga celana panjang yang dibalut dengan kain sarung berwarna cerah. Hanya saja, hiasan kepala yang digunakan berbeda dengan baju Bella Dada. Jas Tutu’ menggunakan hiasan kepala berupa songkok.

Demikian penjelasan singkat mengenai 4 baju adat Bugis yang sering digunakan dalam  upacara-upacara penting, baik pernikahan maupun acara formal lainnya. Pakaian adat hendaknya terus dilestarikan agar tidak tergerus dengan model-model pakaian yang selalu berganti seiring berjalannya waktu. Pakaian adat merupakan kekayaan bangsa yang tidak ada duanya dan tak ternilai harganya.

Add Comment